Penyuluhan Program Penyakit Jantung

Penyuluhan Program Penyakit Jantung yang berkembang seiring berkembangnya pula zaman dan teknologi semakin mutakhir, dunia pengobatan mengalami banyak kemajuan dalam bidang pengobatan dan bentuk pengobatan dari tiap berbagai penyakit yang salah satunya penyakit jantung.

penyuluhan program penyakit jantung

penyuluhan program penyakit jantung

Dalam 30 tahun belakangan ini, kematian akibat penyakit jantung dan pembuluh darah sudah menurun di negara maju sampai 40%, berkat kemajuan teknologi kedokteran yang berupa :

 

 

  1. Alat pacu jantung (pace-maker)

Jika pusat pengendali denyut janutng (yang terletak pada otot jantung) terganggu, bisa digantikan fungsinya dengan menanamkan suatu alat eletronik di bawah kulit yang dihubungkan ke otot jantung melalui kabel elektroda yang halus. Alat pacu jantung menggunakan menggunakan impuls listrik, disampaikan oleh elektroda kontraktor otot-otot jantung, untuk mengatur detak jantung. Tujuan utama dari alat pacu jantung ini adalah untuk mempertahankan denyut jantung yang memadai atau obat penyakit jantung sementara.

Namun, biaya pemasangan alat pacu jantung ini juga tidak mudah dijangkau oleh kita masyarakat kebanyakan. Dan perlu diingat, mereka yang menggunakan alat ini dilarang melewati detektor logam seperti yang terdapat di bandara karena fungsi alat ini bisa terganggu.

  1. Proyek Detak Jantung dari Wales (Heart Beat Wales)

Berawal dari pengamatan bahwa penyakit jantung merupakan pembunuh utama di antara masyarakat di Eropa dan negara-negara berkembang lainnya termasuk Indonesia dan juga melihat bahwa penyakit ini sejalan dengan pola hidup sehari-hari yang berisiko pada timbulnya penyakit jantung, maka pada tahun 1985 dicanangkan suatu program pengendalian penyakit jantung yang disebut dengan Heart Beat Wales untuk obat penyakit jantung serta Penyuluhan program penyakit jantung.

Kegiatan dari program ini berupa penyuluhan pola hidup sehat, terutama dengan menekankan pada 3 kondisi yang berisiko pada penyakit jantung, yakni :

  1. Mengendalikan kadar kolesterol darah
    2. Mempertahankan tekanan darah dalam batas normal
    3. Meninggalkan kebiasaan merokok

Dengan disiplin dan menerapkan 3 pola hidup sehat maka angka kematian dan angka bertambahnya penderita penyakit jantung dapat diminimalisir dengan mudah.

Penyuluhan program penyakit jantung bagi penderita dilakukan dengan tujuan mengoptimalkan kapasitas fisik tubuh kita. Penyuluhan dilakukan pada penderita untuk obat penyakit jantung yang bertujuan untuk mencegah perburukan dan membantu penderita untuk kembali dapat beraktivitas fisik seperti dulu sebelum penderita terkena penyakit jantung. Manfaat dari program penyuluhan ini seperti mengurangi efek samping fisiologis dan psikologis tirah baring dirumah sakit. Mempercepat proses pemulihan dan kemampuan anda untuk kembali pada level sebelum terkena serangan jantung. Serta dpat dimanfaatkan untuk monitoring kondisi fisiologis penderita.

Penyuluhan program penyakit jantung ini dibagi menjadi 3 tahap. Pada tahap pertama penderita melakukan penyuluhan dirumah sakit. Latihan tahap pertama dilakukan sejak 48 jam setelah gangguan jantung sepanjang tidak terdapat adanya kontraindikasi. Latihan fisik yang dilakukan sangat terbatas seperti gerakan tangan dan kaki. Manfaat dari latihan ini adalah sebagai obat penyakit jantung bahan survailance tambahan, melatih penderita penyakit jantung untuk menjalankan akitivitas sehari-hari. contoh gerakan yang dilakukan dengan duduk di tempat tidur atau dikursi 15-30 menit sebanyak 2-3 kali sehari, Berjalan di dalam ruangan, berjalan dengan jarak 15-30 meter dengan bantuan 3 kali dalam sehari, berjalan dengan jarak 50-70 meter dengan menggunakan bantuan tongkat 3-4 kali dalam sehari, berjalan dengan jarak 80-150 meter tampa bantuan tongkat 3-4 kali dalam sehari.

Tahap Penyuluhan program penyakit jantung yang kedua dilakukan sepulang dari rumah sakit sampai dengan 12 minggu dengan pengawasan ahli jantung. Tahan dua bertujuan untuk mengembalikan kemampuan fisik pasien pada keadaan sebelum sakit. Latihan yang dilakukan secara berdiri yang memiliki 10 macam latihan yang perlu dilakukan.

  1. Latihan siku yang dilakukan dengan cara berdiri dengan siku menekuk dan dikatupkan pada dada. Kemudian luruskan siku kearah depan lalu tekuk kembali.
  2. Latihan elevasi lengan untukPenyuluhan program penyakit jantung dengan cara berdiri dengan siku menekuk didada. Kemudian luruskan siku dengan lengan kearah atas lalu tekuk kembali keposisi semula.
  3. Latihan Ekstensi lengan dengan cara berdiri dengan siku menekuk ke arah dada. Lengan direntangkan kearah samping pinggang lalu tutup kembali lengan ke dada.
  4. Latihan elevasi lengan II untuk Penyuluhan program penyakit jantung dengan cara berdiri dengan kaki membuka selebar bahu dan lengan disamping badan. Dengan tetap meluruskan siku angkat lengan keatas kepala. Turunkan lengan kembali ke samping badan.
  5. Latihan lengan gerak melingkar dengan cara berdiri dengan kaki membuka selebar bahu dan lengan disamping badan. Rentangkan tangan setinggi bahu. Gerakakan secara melingkar tangan dan lengan dengan arah depan dengan tetap meluruskan siku.
  6. Latihan jalan ditempat yang dilakukan mulai hari kelima dengan cara berdiri dengan kaki membuka selebar bahu dengan lengan ditekuk ke depan. Angkat satu kaki dengan menekuk lutut seperti saat berbaris. Ayunkan lengan untuk membantu menjaga keseimbangan dan obat penyakit jantung.
  7. Latihan Menekuk Pinggang. Penyuluhan program penyakit jantung ini dilakukan dengan cara berdiri dengan kaki membuka selebar bahu. Tekuk lengan sehingga tangan menyentuh pinggang kanan. Pertahankan kaki dan punggung tetap lurus.
  8. Latihan Memutar Pinggang dengan cara Berdiri dengan kaki membuka selebar bahu, tekuk lengan dan tempatkan tangan di pinggang. Putar tubuh ke kanan dan kemudian kembali. Putar tubuh ke kiri dan kemudian kembali
  9. Latihan Menyentuh Lutut (Mulai hari ke 7) dengan cara berdiri dengan kaki membuka selebar bahu, lengan diangkat diatas kepala. Tekuk punggung sampai tangan menyentuh lutut. Angkat kembali lengan keatas kepala. Putar tubuh ke kiri dan kemudian kembali
  10. Latihan Menekuk Lutut (Mulai Minggu ke-3) dengan cara berdiri dengan kaki membuka selebar bahu, tangan menyentuh pinggang. Tekuk punggung ke depan dengan lutut juga menekuk. Kembali luruskan punggung.

Dan tahap terakhir adalah pemeliharaan untuk obat penyakit jantung.


=====================================

>>> Kapsul Herbal Obat Jantung Untuk Mengembalikan Kesehatan Jantung, Membantu Mengobati Penyakit Jantung, Bantu Atasi Lemah Jantung, Klik Detail Disini!
=====================================


This entry was posted in Obat Penyakit Jantung, Uncategorized and tagged , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *